Buat Apa Shalat?!

Shalat adalah puncak pertemuan antara Tuhan dan hamba, yang melaluinya seorang manusia, yang memiliki penglihatan batin, dapat “melihat Tuhan”, Shalat berarti penyaksian dan penglihatan akan Allah. (Ibn ‘Arabi)

Shalat adalah simbol seluruh kehidupan seseorang. Lewat shalat, kita mendapatkan cahaya petunjuk yang akan membimbing kehidupan kita. Shalat adalah juga percakapan paling dalam dan mesra antara pencinta dan yang dicinta. (Jalaluddin Rumi)

Shalat memancarkan cahaya-cahaya di dalam hati, yang selanjutnya akan merupakan kunci bagi ilmu-ilmu mukasyafah, yang melaluinya terbuka pintu-pintu langit bagi si hamba yang sedang shalat serta dihadapinya ia oleh Allah Swt. dengan wajah-Nya. (Imam Al-Ghazali)

Waktu-waktu shalat adalah saat-saat munajat dengan Al-Haqq, saat-saat hamba hadir di haribaan Suci dan di hadapan Hadhrat yang agung. Dan bahwa Al-Haqq Ta’ala, Sang Penguasa yang Mahaagung, pada saat-saat tertentu memanggil hamba-Nya yang lemah, yang tidak memiliki apa-apa, untuk bermunajat kepadaNya, dan mengizinkannya masuk ke tempat kehormatan, agar dia mendapatkan kebahagiaan abadi dan kesenangan kekal. Karena shalat merupakan jamuan ruhani yang telah dihidangkan oleh kedua Tangan Keindahan dan Keagungan Al-Haqq. Demikian pula, shalat adalah ibadah yang paling menyeluruh dan lengkap di antara semua ibadah lainnya. (Ayatullah Khomeini)

* * *

Dicuplik dari Buku “Buat Apa Shalat?!, Kecuali Jika Anda Hendak Mendapatkan Kebahagiaan dan Ketenangan Hidup” yang disusun oleh Dr.Haidar Bagir

This entry was posted in Soul and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s