Kuliner Kuala Lumpur, Singapura

Beberapa cerita di KL sudah ditulis oleh suami saya sebelumnya. Dan kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai kulinernya.

Kuala Lumpur
Nasi Lemak di Victory Restaurant KL Sentral
Sebenarnya Nasi Lemak banyak sekali dan mudah ditemui di Kuala Lumpur. Dan kami mencobanya di KL Sentral. Nasi lemak ini mirip antara nasi rames dan nasi uduk. Nasi yang sedikit bersantan tapi tidak terlalu asin, dicampur dengan setengah telur rebus berbumbu, ayam goreng/ayam kari, ikan teri, tomat, timun dan sambal.
Harga satu porsi nasi lemak dengan pilihan ayam goreng atau ayam kari adalah 10.9 RM dan mineral water 0.5 MYR. Mungkin Nasi lemak di tempat makan biasa seperti di pasar, akan lebih murah harganya.

Nasi Lemak

Rujak dan Teh Tarik di Kampung Baru
Sesampainya di Kampung Baru, kami berasa seperti di kampung-kampung Indonesia. Karena suasana, rumah-rumah, toko-toko dan tempat makannya seperti di Indonesia. Tentu saja kami menemukan rumah seperti tokoh Upin Ipin. Disana kami mencoba rujak Malaysia. Mirip dengan rujak Indonesia yaitu potongan buah seperti kedondong, bengkuang, mangga muda, dll. Satu porsi (satu piring) rujak seharga 4 RM dan satu gelas teh tarik seharga 1.4 RM.

Rumah Makan Kampung Malaysia

The Chicken Rice Shop di KL Sentral
Di tempat makan ini disediakan berbagai macam makanan. Ada yang paket dan ada yang per porsi. Saya memilih menu paket Hainanese Chicken Rice Meal. Menu tersebut terdiri dari 1 piring nasi putih, 1 piring oseng taoge (Ipoh Bean Sprout), 1 piring potongan ayam Hainan (Steam Roast Chicken), 1 mangkok kecil pencuci mulut nata de coco (Rainbow Delight Dessert), 2 potong makanan seperti lumpia (Nyonya Pei Tee), 1 gelas minum (bisa memilih softdrink atau susu kedelai). Sebelumnya saya tidak membayangkan sebanyak ini porsinya. Menu paket ini lebih cocok untuk makan berdua. Harga 1 paket Hainanese Chicken Rice Meal adalah 14.99 RM. Satu paket Fish Meal seharga 15.99 RM. Satu paket Noodle Meal seharga 13.99 RM. Satu paket Special Hongkong Beef Stew seharga 7.99 RM.

Value Meals

Chestnut panggang di Jl. Petaling
Salah satu yang khas dari Jalan Petaling adalah penjual Chestnut panggang. Karena dipanggang cukup lama, kacang yang keras ini menjadi lembut saat dimakan.

Kacang di Petaling Street 1

2013-03-15 16.46.34

Subway
Kita bisa memilih jenis rotinya, panjangnya , dagingnya, acarnya dan sausnya. Sangat beraneka ragam. Rotinya saja kalau tidak salah ada 6 jenis, dagingnya 6 jenis (tuna, turkey, dll), acarnya lebih banyak lagi. Puas pilih sendiri sesuai selera. Atau coba-coba. Harga satu porsi sandwich ukuran sedang adalah 11.5 RM dan ukuran besar 19.5 RM, satu botol mineral water 2.5 RM dan untuk softdrink jika ingin refill hanya membayar 1 RM. Tempatnya juga nyaman.

Restoran cepat saji Subway belum ada di Indonesia. Jika di Singapura tidak halal, restoran Subway di Kuala Lumpur Halal.

Subway 1

Singapura
Korean BBQ di Lucky Plaza, Orchad Road
Tempat makan favorit saya dan suami ketika di Singapura adalah Korean BBQ di Lucky Plaza, Orchad Road. Jika sudah sampai Indonesia bikin kangen, dan belum pernah bertemu yang mirip. “Korean BBQ” ini ditempatkan di mangkok besar khas Korea. Dan saya selalu pesan 1 porsi untuk makan berdua, tapi ditambah nasi 1 porsi lagi. Isinya yaitu bihun, telur rebus yang diceplok di kuah (bukan telur rebus bulat), daging ayam/daging sapi, dll dengan kuah asam dan pedas. Pokoknya mantap banget! Harga satu porsinya sekitar 5 $Sing dan satu porsi nasi 1 $Sing.

Korean Food

Uncle Ice Cream
Es krim ini wajib dicoba ketika berada di Singapura. Dengan harga 1 $Sing, kita dapat es krim potong yang cukup besar dibalut dengan roti tawar atau biscuit. Dengan rasa beraneka ragam. Favorit saya dan suami adalah durian. Uncle Ice Cream ini bisa kita temui di Orchad Road, dekat MRT City Hall, dekat Esplanade, dekat Patung Merlion. Bahkan suami saya beli lagi dengan rasa yang sama ketika es krim pertama telah habis.
Satu hal yang khas dari Uncle Ice Cream ini adalah penjualnya selalu bapak-bapak yang sudah tua, mungkin berumur 60 tahun lebih.
Uncle Ice Cream 3

Uncle Ice Cream 1

Uncle Ice Cream 2

Dua makanan di atas adalah makanan favorit saya di Singapura. Bikin kangen!!

This entry was posted in Kuliner, Travelling. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s