Ekspedisi Sungai Nil: Sebuah Perjalanan Spiritual

Membaca buku Ekspedisi Sungai Nil: Sebuah Perjalanan Spiritual”, serasa ikut menelusuri penjuru Mesir.

Ekspedisi Sungai Nil 1

Buku ini berkisah perjalanan mantan wartawan Jawa Pos, Agus Mustofa selama bulan Ramadan 1431 H yang dimulai dari Abu Simbel Perbatasan Sudan, bagian paling selatan Mesir, menyusuri sungai terpanjang di dunia itu sampai ke muaranya di pantai laut Mediterania dengan total jarak yang ditempuh lebih dari 5000 km.

Laporan perjalanan ini dimuat di koran-koran Grup Jawa Pos di seluruh Indonesia selama bulan puasa, dan dikumpulkan dalam buku ini.

Pembaca tidak hanya diajak melihat budaya Mesir Kuno. Melainkan juga diajak napak  tilas menelusuri peninggalan atau tempat-tempat yang diyakini dikisahkan di Al-Qur’an atau-atau riwayat-riwayat dan tempat-tempat bersejarah.

Seperti;

Peninggalan Firaun
Selain memaparkan para Firaun dari berbagai dinasti, penulis juga mengunjungi kerajaan dan peninggalan Firaun.

Setiap Firaun memiliki dua nama. Yang pertama nama asli saat ia dilahirkan dan yang kedua nama gelar setelah dilantik menjadi Firaun. Misalnya Ramses II adalah nama gelar, Ramses, dalam bahasa Mesir Kuno terdiri dari dua kata, yaitu “Ra” yang berarti Dewa Matahari dan Mses yang bermakna “dilahirkan oleh”. Jadi, Ramses bermakna “anak Dewa Matahari.” Di zaman Ramses II inilah lahir seorang Rasul utusan Allah yang kemudian menjadi lawan utamanya yaitu Nabi Musa.

Gunung Sinai

Penulis berjuang menaklukkan terjalnya Gunung Sinai sambil berpuasa. Gunung Sinai diyakini tempat Nabi Musa menerima Taurat, sambil berbicara langsung  dengan Allah. Lalu menyaksikan sebuah bukit yang hancur akibat Nabi Musa ingin melihat Zat Tuhan.

Uyun Musa : Sumur Peninggalan Nabi Musa
Dengan kehendak Allah, Nabi Musa memukulkan tongkatnya kebebatuan dan menyemburlah mata air-mata air dari pepecahan bebatuan itu. Mata air yang diekenal dengan Uyun usa ini, masih bisa dilihat bekasnya di padang pasir Sinai.

Ekspedisi Sungai Nil 3

Masjid Abu Al Haggag
Tempat ibadah Masjid Abu Al Haggag yang berdiri di atas kuil firaun. Masjid ini berada di Kota Luxor (ibukota Mesir Kuno), didirikan oleh Syekh Abu Haggag yang berasal dari Baghdad dan menetap di Mesir.

Awalnya, kuil Luxor sudah terpendam karena runtuh ribuan tahun silam. Dan, yang kelihatan hanya ujung-ujung tiang yang kokoh yang mencuat di permukaan tanah. Syekh Abu Al Haggag tidak memusnakan peninggalan kuil itu.  Tapi justru memanfaatkannya. Selain membiarkan pilar-pilarnya untuk menyangga bangunan masjid, sang Sufi membuat ruang imam shalat dengan cara mencekunginya. Jadi, tempat imam memimpin itu berada di cekukan pilar raksasa. Dan jika melihat ke bagian atas mimbar, kita akan menyaksikan guratan-guratan Hiroglif beserta guratan-guratan lain khas Mesir Kuno.

Pemerintah Mesir menjaga Masjid ini, selain untuk tempat ibadah juga merupakan daya tarik unik bagi para penziarah.

Ekspedisi Sungai Nil 2

Bahr Yusuf (Sungai Nabi Yusuf)
Orang Mesir menyebut sungai besar dengan Bahr dengan makna harfiah Bahr adalah laut. Konon, kanal-kanal yang yang mengairi kawasan kota Fayoum adalah peninggalan Nabi Yusuf.

IMG_2635

* * *

Jika membaca dari awal hingga akhir, sangat terasa sekali rangkaian hikmah dari tempat-tempat yang dikunjungi. Terlebih lagi buku ini dicetak eksklusif “full color“.

Selamat membaca buku ini dan selamat menyusuri Sungai Nil (*)

* Semua foto dalam posting ini diambil dari Buku Ekspedisi Sungai Nil: Sebuah Perjalanan Spiritual, karangan Agus Mustofa.

This entry was posted in Buku and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Ekspedisi Sungai Nil: Sebuah Perjalanan Spiritual

  1. mmm….recommended Book….nyari aaah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s