The Four Year Plan : Gambaran Mengelola Klub Sepakbola

Sepakbola bukan sekedar menentukan starting lineup dan formasi. Untuk meraih kemenangan atau poin, diperlukan juga suasana klub yang kondusif, cash flow yang lancar dan faktor-faktor lainnya.

Sebuah klub juga bukan hanya terdiri dari pelatih dan pemain, layaknya sebuah perusahaan juga terdapat Chairman, CEO, direktur dan manajer yang menangani berbagai fungsi.

Lalu, bagaimana setiap individu-individu pada sebuah klub bekerja ?

Saya merekomendasikan untuk menonton “The Four Year Plan”, sebuah film dokumenter mengenai klub sepakbola Queens Park Rangers (QPR) yang pada tahun 2007 hampir bangkrut namun diselamatkan oleh para pengusaha Italia dan India, diantaranya Flavio Briatore yang juga bos tim Renault F1, lalu Amit Bhatia yang berasal dari keluarga Lakshmi Mittal, milyader baja  dari India.

Apa yang membedakan film ini, dengan film dengan tema serupa seperti “United” yang bercerita tentang Manchester United, atau “The Damned United” yang berkisah tentang Leeds United.

Film The Four Year Plan, memiliki keunikan karena film dibuat berdasarkan rekaman video sehari hari pengelolaan klub, kita dapat melihat bagaimana manajemen rapat saat evaluasi, atau saat diskusi masalah finansial.

Tentu kita juga dapat melihat suasana pertandingan, bahkan ada momen saat Chairman mengintervensi peran manager dalam hal pemilihan pemain saat pertandingan sedang berlangsung🙂

Layaknya sebuah perusahaan, sebuah klub sepakbola juga mengalami fase naik dan turun, selalu ada pembelajaran untuk semua pihak yang ada di klub untuk terus berkembang …

Dan pembelajaran ini pula yang akhirnya membuat QPR mampu menjadi juara Championship League dan naik level ke Premier League.

Sebuah Film yang layak untuk ditonton, tidak hanya untuk pencinta sepakbola, tapi juga bagi kalangan yang menyukai dan mendalami manajerial …

This entry was posted in Film, Sports and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to The Four Year Plan : Gambaran Mengelola Klub Sepakbola

  1. Pingback: Marvellous, Kisah Kitman Penghibur di Stoke City | La Nostra Scrittura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s