Asyiknya Menjadi Pilot Virtual

Sekitar pertengahan tahun lalu, saya mempunyai aktifitas baru, yaitu menerbangkan pesawat.

Tentu saja bukan pesawat sungguhan, namun menggunakan Flight Simulator.

Sebetulnya sudah lama saya memiliki aplikasi simulator ini, namun jarang sekali menggunakannya. Hobi ini timbul kembali setelah rekan saya memperkenalkan saya kepada International Virtual Aviation Organization (IVAO).

IVAO menyediakan platform online yang membuat kita dapat melakukan penerbangan virtual secara multiplayer. Selain menjadi Pilot , kita juga dapat menjadi Controller atau ATC (Air Traffic Control).

Player yang bermain sebagai pilot, bisa disebut pilot virtual atau pilot meja🙂

webeye
Jika mengakses https://webeye.ivao.aero, tampak para Pilot dan ATC yang sedang Online

***

Perbedaan Terbang OFFLINE dengan IVAO

Saat terkoneksi dengan IVAO, sebagai Pilot virtual kita dapat berkomunikasi dengan pilot virtual lainnya. Tentu saja, kita juga harus berkomunikasi dengan player lain yang bertugas sebagai ATC.

Jika biasanya saat Offline, kita bisa langsung “tancap gas” tinggal landas, saat terkoneksi dengan IVAO, kita harus mematuhi aturan dan instruksi ATC, hal ini sangat penting, karena ada pesawat-pesawat lain yang akan tinggal landas maupun yang akan mendarat.

Jika mengingat pengalaman saya, saat kali pertama terkoneksi IVAO, saya “sukses” membuat macet bandara, karena saya tidak sadar bahwa posisi pesawat saya menghalangi pesawat-pesawat pilot virtual lain yang sedang menuju landasan he he🙂

Saat itu, saya langsung meminta maaf dan mengatakan “mohon maaf, maklum masih newbie, baru bergabung … ”

Cockpit View

Plane

Knowledge Dunia Penerbangan

Menurut saya, manfaat terbesar hobi flight simulator ini adalah kita mendapatkan pengetahuan mengenai dunia penerbangan secara lebih lengkap misalnya dari yang sederhana mengapa pesawat bisa terbang, lalu mengenal instrumen pesawat, seperti apa cara komunikasi antara Pilot dengan ATC, bagaimana menentukan rute terbang, bagaimana pembagian jalur udara, dan lain-lain.

Bandung

Oh ya, di jaringan IVAO, cukup banyak juga player yang memang profesinya Pilot dan ATC.  Termasuk yang sedang sekolah pilot.

Untuk menambah sensasi, kita juga dapat bergabung ke virtual airline berjadwal, seperti Air Asia Virtual Group (http://airasiava.net), atau http://jetlinevirtual.com untuk Garuda Virtual Airlines dan Citilink Virtual Airlines.

***

Sebagai sebuah simulator, ada beberapa manfaat lain yang saya rasakan :

1. Melatih fokus, konsentrasi dan disiplin. Sejak mesin mati hingga terbang dan mendarat lagi, kita dituntut untuk disiplin melakukan checklist. Lalu terutama pada momen-momen kritis, misal saat takeoff dan landing, kita dituntut fokus dan konsentrasi untuk memantau speed, arah yang dituju dan lain lain.

2. Meningkatkan pengetahuan bahasa inggris, termasuk conversation. Semua dokumen-dokumen, seperti chart, checklist menggunakan bahasa inggris. Dan komunikasi dengan ATC menggunakan bahasa Inggris. Dan kita tidak hanya bertemu player lokal, tapi juga player dari seluruh dunia.

3. Mengenal daerah baru. Misal saya pernah mencoba terbang dari Juanda ke Kupang. Saat perjalanan menuju kesana, saya semakin menyadari bahwa Kupang itu berada cukup jauh, mendekati Australia. Atau merasakan bagaimana jauhnya terbang ke kota di ujung utara Sumatera, Aceh.

Baik Aceh, maupun Kupang saya belum pernah berkunjung kesana, tapi saya pernah terbang virtual ke kota-kota tersebut.

***

Catatan, saya bukan seorang pilot, tapi suka dengan dunia penerbangan, bahkan untuk sebuah flight simulator saya masih banyak harus belajar (newbie)

This entry was posted in Travelling, Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Asyiknya Menjadi Pilot Virtual

  1. Pingback: Hari Kedua – Pejuang 30 Hari

  2. Pingback: Good Day Capt – La Nostra Scrittura

Leave a Reply

