(Cinta) Sepakbola Penuh Makna

Cedera lutut, cedera kelingking , cedera tumit sudah pernah saya alami , belum termasuk memar dan luka-luka akibat bermain sepakbola. Cedera-cedera tersebut tidak membuat saya kapok, saya tetap bermain sepakbola hingga sekarang.

Bahkan ada satu peristiwa di saat kecil yang selalu diingat oleh Ibu saya. Saat itu sedang gerimis, dan Ibu melarang saya untuk bermain sepakbola karena kuatir akan petir. Namun entah mengapa, saat itu saya tetap diam diam keluar rumah dan bermain sepakbola he he

Saya memang suka sepakbola, bagi saya sepakbola bukan sekedar hobi dan olahraga, namun juga wahana untuk belajar dan berlatih nilai-nilai kehidupan.

Lewat sepakbola saya melatih bekerjasama dan berterimakasih.  Mau tidak mau, di lapangan kita harus bekerjasama dengan 10 rekan kita.

Saya coba ambil sudut pandang lebih luas lagi, saya ambil contoh Lionel Messi, pemain Barcelona dengan nomor punggung 10.

Sehebat-hebatnya Lionel Messi, dia tidak mungkin bermain sendirian 1 lawan 11, Messi membutuhkan 10 rekannya di lapangan.

Di luar lapangan pun Messi juga harus bekerjasama, sehebat-hebatnya Lionel Messi, dia pasti pernah menerima umpan dari rekannya, pernah memperoleh arahan dari pelatihnya, pernah memperoleh perawatan dari tim medis dan para staf lainnya.

Tidak hanya itu, apakah Messi bisa bermain sepakbola seperti saat ini tanpa dukungan fans, saya rasa tidak, saya rasa dukungan fans dapat menambah motivasi dalam bermain sepakbola.

Jadi tentu saja, Messi tidak hanya harus berterimakasih kepada rekan satu timnya, tapi juga harus berterimakasih kepada pelatih, para staf, para fans, dan orang – orang lain yang berjasa terhadap karirnya.

Lewat sepakbola saya belajar menahan ego dan berkhidmat

Setiap pemain sepakbola pasti senang mencetak gol, termasuk saya. Namun namun akan lebih menyenangkan lagi jika dapat melihat rekan kita mencetak gol, apalagi jika gol terjadi karena umpan kita.

Sepanjang pertandingan kita dapat memilih ingin lebih banyak bermain secara egois, atau lebih banyak berkhidmat memberikan umpan-umpan manis kepada rekan kita.

Lewat sepakbola saya belajar mengontrol emosi dan ikhlas

Bagi saya, kemenangan itu tidak semata mata karena kita lebih banyak mencetak gol ke gawang lawan. Bagi saya, kemenangan sejatai itu di saat saya bisa mengontrol emosi dan tidak marah saat dilanggar lawan, atau di saat rekan-rekan satu tim bermain tidak sesuai keinginan saya.

Termasuk saat kita mengalami kekalahan, kita harus menahan emosi, ikhlas dan legowo menerima kekalahan.

Belajarlah dari kekalahan dan kesalahan, evaluasi dan perbaiki untuk improvement di masa datang.

***

Sepakbola benar-benar bermakna bagi saya, dan sebagai penutup saya akan bagikan Quote dari salah satu pesepakbola favorit saya :

You don’t need a reason to help people (Zinedine Zidane)

This entry was posted in Motivasi, Sports and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to (Cinta) Sepakbola Penuh Makna

  1. Pingback: 22 Hari, 29 Pejuang – Pejuang 30 Hari

Leave a Reply

