Good Day Capt

Good day Capt… ,panggilan ini menjadi familiar saat  saya menjadi “Pilot Meja“.

Semacam sapaan akrab ke sesama Pilot virtual, atau juga saat berkomunikasi dengan ATC virtual di IVAO (International Virtual Aviation Organization).

***

Rasanya, cukup lama juga tidak login di IVAO, dan sudah banyak yang lupa. Namun, ada beberapa hal berkesan dan bermakna bagi saya, yaitu :

Pertama, kata “good day” merupakan sapaan yang ramah yang hangat,  dapat juga sebagai ucapan terimakasih.

Kedua, komunikasi antara pilot dan ATC (Air Traffic Control) harus jelas, selalu ada konfirmasi ulang pada setiap permintaan atau perintah. Jika konfirmasi ulang salah, maka akan dikoreksi dan harus dikonfirmasi kembali.

Jika kita perhatikan metode konfirmasi ulang juga dilakukan antara pilot dan co-pilot, salah satunya saat melakukan checklist. 

***

Dalam kehidupan sehari-hari, konflik atau friksi sering terjadi karena kesalahan persepsi (miskom).

Pendapat saya, untuk meminimalisasi potensi miskom, kita dapat mencontoh komunikasi pilot dan ATC, yaitu dengan berkomunikasi secara sederhana yang dipahami kedua belah pihak, serta jangan ragu konfirmasi ulang untuk memastikan persamaan pesan/persespsi.

Dan tentu saja, jangan lupa mengucapkan salam atau terimakasih. Good day Capt…

This entry was posted in Motivasi, Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s