Jalan Jalan Solo (Surakarta)

Berangkat dari Bandung  menggunakan Lodaya pukul 21:30, kami tiba di Stasiun Solo Balapan sekitar pukul 6:45.

Meski waktu check in penginapan masih lama, kami berniat menuju penginapan dulu untuk menitipkan tas, dan langsung menelusuri Kota Solo.

Dari depan stasiun, kami langsung menuju Halte bis dan menunggu bis “Batik Solo Trans” koridor 2. Tarif bis ini, Rp.4.500 per sekali perjalanan.  Pembayarannya dilakukan secara tunai ke kondektur.

Jangan ragu untuk bertanya terlebih dahulu pada kondektur untuk memastikan lokasi yang Anda tuju.

***

Kami menginap di Red Planet Hotel, lokasinya strategis. Dari stasiun Solo Balapan, Anda tinggal menyebrang jalan, menuju halte dan naik Batik Solo Trans koridor 2.

Hotel ini terletak diantara Mal Solo Paragon dan Taman Sriwedari yang dapat dicapai dengan berjalan kaki.

Hotel ini tadinya merupakan bagian dari Tune Hotel, namun sekarang sudah memisahkan diri. Bangunan hotel tampak cukup baru dan modern.

Kami menyewa kamar double room without breakfast. Meski kami memilih tanpa breakfast, kami tidak kuatir, karena di sekitar hotel terdapat pilihan aneka kuliner yang akan saya bahas di akhir tulisan ini.

Meski kami tiba lebih awal, namun Alhamdulillah kami mendapatkan fasilitas early check-in di Red Planet Hotel, menurut receptionist fasilitas early check in dan last check out dimungkinkan diperoleh jika situasi memungkinkan.

Red Planet memiliki kamar minimalis yang bersih dan fresh. Fasilitas juga modern, terdapat akses free wifi yang lancar. Kita hanya perlu membawa sendiri peralatan sikat gigi dan pasta gigi, lalu untuk membuat minuman panas kita dapat mengambil air panas di lobby.

***

Dari tempat kami menginap, ada beberapa kuliner yang kami kunjungi dengan cukup berjalan kaki saja sbb :

Kopitiam Oey Pak Bondan Winarno

Kedai Kopitiam Oey milik Pak Bondan Maknyuss ini menjadi satu lokasi dengan Hotel Red Planet Solo.  Memang, Hotel Red Planet Solo bekerjasama dengan Kopitiam Oey untuk penyediaan Breakfast.

Kebetulan kami tidak mengambil paket breakfast, namun tetap kami mampir untuk mencicipi kopi tarik di kedai ini, maknyuss ……

Shi Jack di Jl. DR. Moewardi
Jika ingin mencoba angkringan khas Solo, bisa datang ke Shi Jack. Tersedia berbagai macam  minuman hangat, nasi kucing lengkap dengan aneka lauk pauk.

Martabak Kota Baru (Markobar), di Jl. DR. Moewardi
Martabak Markobar terkenal ini layak dicoba, meski antri namun pelayanannya cukup cepat.

Pecel Solo di Jalan Doktor Soepomo
Menurut kami, kuliner paling istimewa adalah di Rumah makan Pecel Solo. Berbagai macam menu tradisional tersedia, yang wajib dicoba tentu saja Pecel dengan 2 pilihan bumbu kacang atau bumbu wijen.

***

Di Solo, kami lebih banyak berjalan kaki, jika jaraknya jauh kami memilih menggunakan Batik Solo Trans. Beberapa lokasi menarik kami kunjungi seperti Keraton Surakarta, Museum Pers, Pasar Triwindu (barang antik), Pasar Buku di dekat Taman Sriwedari.

This entry was posted in Kuliner, Travelling and tagged , , , , . Bookmark the permalink.