Melihat Sunset di Losari, Makassar

“Kita” dari mana ? “Kita” mau pesan apa ?

Karena belum terbiasa, awalnya bingung …,  di Makassar dan mungkin di daerah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, kata “Kita” berarti merupakan panggilan sopan untuk “Kamu” atau “Kalian”

Hal menarik lainnya, hampir semua makanan yang saya coba dilengkapi jeruk nipis. Bahkan nasi goreng-pun dilengkapi jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis di kuliner Makassar merupakan ciri khas tersendiri. Menurut saya makanan semakin enak, harum dan menambah nafsu makan.

Ngobrol dengan penduduk setempat, mereka mengatakan, saat mereka berkunjung ke Pulau Jawa tidak semua kuliner menyediakan jeruk nipis, Di Jawa biasanya diberi “cuka”.

Untuk kudapan terdapat beberapa yang patut dicoba seperti “Gogoso“, semacam lemper yang berisi ikan dan “Barongko”, dibuat dari Pisang yang dilembutkan dan dibungkus daun.

***

Setelah aktifitas pekerjaan 2 hari penuh yang melelahkan sekaligus menyenangkan, saya mendapatkan berkah yang tidak disangka-sangka, yaitu dapat melihat sunset di Pantai Losari yang tersohor.

img_9587 img_9593

Saya tidak ingat, kapan terakhir melihat sunset di pantai, sepertinya sudah lama sekali ….

Sangat indah, haru dan membuat pikiran merenung …

***

Dan saat ke Losari, jangan lupa mencicipi Pisang Epe yang mulai dijual sore hari. Pisang bakar bakar dengan saus gula jawa dan bisa ditambah rasa lain seperti durian, coklat dll.

epe

This entry was posted in Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s