66 Latihan Untuk Peningkatan Fungsi Otak

Otak dilatih tidak hanya untuk mencegah “pikun”, namun bisa lebih dari itu. Ternyata otak itu dapat kita latih secara berkala untuk meningkatkan berbagai fungsi.

Secara umum otak kita terdiri dari otak kiri dan otak kanan. Masing-masing bagian memiliki 60 zona. Jadi total terdapat 120 zona dalam otak.

Jika dikelompokan lagi berdasarkan letak dan fungsinya, menjadi 8 zona otak yaitu :

1) Berpikir, 2)Emosi, 3)Komunikasi, 4)Pemahaman, 5)Motorik, 6)Pendengaran, 7)Penglihatan, 8)Ingatan

***

Pengelompokan diatas diungkapkan oleh Toshinori Kato, seorang dokter sekaligus doktor yang telah menganalisis citra otak lebih dari 10.000 orang, dari bayi hingga yang mencapai usia 100  tahun.

Dalam buku Otak Ideal : Makin Berumur, Makin Brillian, Toshinori memberikan bentuk latihan-latihan praktis yang dapat dilakukan oleh kita. Total ada 66 bentuk latihan untuk melatih 8 zona otak kita.

Misalnya, untuk melatih Zona Otak Berpikir kita dapat memikirkan 3 kelebihan orang-orang sekitar  atau sengaja kalah dalam suatu permainan.

Contoh lainnya, jika ingin melatih Zona Otak Emosi kita dapat berdialog dengan tumbuhan atau berjanji tidak marah apapun yang terjadi.

Kenapa kita harus melakukan 66 latihan otak tersebut ? Apa maknanya ? Jangan kuatir semua dijelaskan secara jelas dalam buku ini.

14432989_10154084732443655_6842578353932470066_n

Judul Buku : Otak Ideal : Makin Berumur, Makin Brillian
Penulis : Toshinori Kato, M.D., Ph.D.
Penerbit : Qanita, PT Mizan Pustaka
Cetakan : Pertama, September 2015
Tebal buku : 211 halaman

***

Selain latihan-latihan praktis untuk Otak, Toshinori juga memberikan knowledge menarik misalnya “Bagaimana pengaruh rasa iri dan suka bagi otak” ?

Pada halaman 78 disebutkan, rasa iri yang berlebihan dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi otak. Rasa iri akan memperpanas otak dan menaikkan tekanan darah pada “medula oblongata (sumsum sambungan)” yang berfungsi mengatur informasi di otak.

Efektivitas enzim yang ada di dalam otak pun akan semakin buruk sehingga otak jadi tidak dapat memikirkan hal-hal yang rumit

This entry was posted in Buku and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s