Sekiranya aku bisa mengendalikan kejap mataku …

Al-Mutanabbi berpuisi :” Sekiranya aku bisa mengendalikan kejap mataku, aku tidak akan membukanya, kecuali ketika melihatMu.”

Saya pribadi memaknai puisi diatas dengan dalam. Kita sering lupa bahwa mata kita ini tidak berhenti memandang sesuatu sejak bangun tidur, hingga tidur lagi.

Pertanyaanya, sudah kita gunakan untuk memandang apa saja mata kita dalam keseharian ?

Saya rasa, sulit memang untuk tetap berusaha menggunakan pandangan dengan selalu teringat kepadaNya, atau demi keridoanNya.

Kita hanya bisa berusaha, mohon ampun kepadaNya di setiap khilaf/perbuatan dosa.

***

Lebih luas lagi, kita baru berbicara mata ? Bagaimana dengan yang lainnya, pikiran, lidah, kaki, tangan dan sebagainya.

Saya berharap bahwa disetiap tindakan/perbuatan, dapat selalu “bermakna” dengan niat yang tulus serta bertujuan baik.

Apakah bisa ? Jawabannya tidak tahu, karena hanya Dia yang Maha Tahu apa “niat” sesungguhnya dari perbuatan/tingkah laku manusia.

Namun minimal disetiap langkah, dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahim dan diakhiri dengan Alhamdulillahi Robbil `Alamin

***

This entry was posted in Soul and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Sekiranya aku bisa mengendalikan kejap mataku …

  1. Pingback: Day 29 – 29 Desember – Catatan Fighter

Leave a Reply

